Relasi Kepercayaan Diri pada Karakter Utama dengan Komposisi Visual di Film “TAR”

  • William Sanjaya Universitas Bunda Mulia
  • Hannalayne Marian Universitas Bunda Mulia
Keywords: Komposisi, Visual, Tar

Abstract

Film “Tár” merupakan film tentang Lydia Tár, seorang maestro wanita yang menerima banyak tuduhan ketika ia dipercaya sebagai konduktor pada salah satu orkestra terbesar di Jerman. Film “Tár” memiliki beberapa tampilan visual yang menerapkan berbagai komposisi untuk menunjukkan kepercayaan diri pada karakter utamanya. Berbeda dengan film pada umumnya, film “Tár” menerapkan komposisi yang menunjukkan kepercayaan diri karakter utama di bagian awal, tengah, dan akhir cerita. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan relasi penerapan komposisi terhadap penggambaran kepercayaan diri pada karakter utama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pusposive sampling. Teori yang digunakan adalah teori komposisi visual yang dijelaskan oleh Gustavo Mercado. Dari penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan komposisi visual dalam film “TAR” terdapat pada bagian awal, tengah, dan akhir dari keseluruhan cerita. Komposisi tersebut menunjukkan kepercayaan diri karakter melalui penerapan rule of thirds dengan ruang kosong yang luas pada pandangan karakter Lydia. Kepercayaan diri karakter juga ditunjukkan dengan garis simetris pada keseimbangan visual. Selain itu, peletakan kamera di bawah pandangan karakter menunjukkan kekuasaan pada beberapa adegannya. Dengan adanya penerapan komposisi visual dalam film “TAR”, kepercayaan diri dapat ditunjukkan melalui rangkaian visual sehingga penonton dapat memahami sifat dari karakter Lydia.

 

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna, Ed.).

Brown, B. (2022). “Cinematography: Theory and practice: Image making for cinematographers and directors: Fourth edition”. In Cinematography: Theory and Practice: Image Making for Cinematographers and Directors: Third Edition. Routledge. https://doi. org/10.4324/9781315667829

David, Y., Panjaitan, R., Hasanah, N., & Kom, S. (2022). “Analisa Teknik Sinematografi Pada Film Parasite”. Journal of Information System and Technology, 03(01), 100–126.

Eko Prasetyo, M., Immanuel Sitompul, G., Surawi, J., Studi Desain Komunikasi Visual, P., Teknologi Desain, F., Bunda Mulia Jalan Lodan Raya No, U., & -Jakarta Utara, P. (2023). “Analisis Visual Komposisi dan Editing Pewarnaan Film Dokumenter “Badut di Balik Tawa”. Jurnal Sense, 6(1).

Eko Suprihono, A. (2019). “Sinematografi Wayang: Persoalan Transmedia Seni Pertunjukan Tradisional dalam Program Tayangan Televisi”. Jurnal Rekam, 15(2), 137–154.

Elvaretta, V., & Ahmad, A. (2021). “Perancangan Film Pendek yang Berjudul “Ask Myself.” Sense, 4(2), 185–211.

Hendra Jawanai. (2023, March 26). Review “Tar”: Isu Gender dalam Industri Musik Klasik. Kompasiana.

IMDb. (2023, June 28). Tar Awards. IMDb.Com.

Indriani, & Wahyuni, S. (2021). “Penerapan Editing Konstruksi Dramatis pada Penciptaan Film “Gemintang”. Jurnal FSD, 2(1), 245–253.

Khairana, K., W Lubis, M., Sazali, H., & Andinata Dalimunthe, M. (2023). “Representasi Feminisme Pada Film Penyalin Cahaya Photocopier (Studi Kasus Keadilan Pada Pelaku Pelecehan Seksual)”. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 167–173.

Linando, S. I., Prasetyo, M. E., & Winnie, W. (2022). “Komposisi Visual dan Tata Cahaya Pada Film Netflix Berjudul Squid Game”. Jurnal Bahasa Rupa, 6(1), 20–32. https://doi.org/10.31598/bahasarupa. v6i1.1139

Mercado, G. (2022). The Filmmaker’s Eye; Learning (and Breaking) the Rules of Cinematic Composition; Second Edition. https://doi.org/10.4324/9781315770857

Murdiyanto, E. (2020). Penelitian Kualitatif (1st ed.).

Murti, D., & Angraini, A. (2021). “Representasi Magical Realisme Dalam Sinematografi Film Sarvani Bhutani”. Jurnal Seni Nasional CIKINI, 6(2), 27–35.

Sanjaya, W. (2022). “Analisa 10 Unsur dan Peta Perjalanan pada Karakter-Karakter dalam Film “Lion”. Jurnal Titik Imaji, 5(2), 98–114.

Sayyidatus Syarifah. (2023, January 26). Deretan Fakta Film Tar. Detikhot.

Tuhepaly, N. A. D., & Mazaid, S. A. (2022). “Analisis Semiotika John Fiske Mengenai Representasi Pelecehan Seksual Pada Film Penyalin Cahaya”. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(2), 233–247. https:// doi.org/10.32509/pustakom.v5i2.1963

Wibawa, M., & Prita Natalia, R. (2021). “Analisis Semiotika Strukturalisme Ferdinand De Saussure pada Film “Berpayung Rindu”: Visual Communication Design Journal, 1(1), 1–16.

Published
2023-12-31
How to Cite
Sanjaya, W., & Marian, H. (2023). Relasi Kepercayaan Diri pada Karakter Utama dengan Komposisi Visual di Film “TAR”. Jurnal Seni Nasional Cikini, 9(2), 65-80. https://doi.org/10.52969/jsnc.v9i2.231