Analisis Perubahan Desain Karakter Gim (Game) Mobile Legends Pendekatan Manga Matrix

  • Fatma Misky Fatma Misky Universitas Budi Luhur
  • Diandra Dwi Ananda Universitas Budi Luhur
Keywords: Karakter, Manga Matrix, Mobile Legend Bang Bang, Freya, Franco

Abstract

Gim atau game adalah sebuah aktivitas yang mengharuskan satu atau lebih pemain bermain dengan aturan, tujuan, dan tantangan yang ditetapkan. Mobile Legends Bang Bang merupakan produk mobile game pertama yang langsung menjadi favorit penggemar genre MOBA. Dalam sebuah game, visual karakter ikut berperan penting. Terdapat perbedaan pada desain karakter pada sebelum dan sesudah revamp dalam game Mobile Legends Bang Bang. Penelitian ini membedah perbedaan desain karakter Freya dan Franco sebelum dan sesudah revamp dengan menggunakan Manga Matrix. Penelitian ini diharapkan menjadi acuan dalam pengembangan visual terutama pada desain karakter.

References

Arif, M., & Aditya, S. (2022). “Dampak Perilaku Komunikasi Pemain Game Mobile Legends Pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang”. Journal of Intercultural Communication and Society, 1(01), 31-45.

Budiman, A., Suryana, C., & Dewi, R. R. (2017). “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Game Ular Tangga Untuk Sekolah Dasar Kelas Satu”. In Seminar Nasional Informatika (SNIf) (Vol. 1, No. 1, pp. 540-545).

Hidayaturrohim, M. (2021). “The Adaption of Mythological Characters On The Mechanics & Narratives of the Herois in Mobile Legends: Bang Bang”. CrossOver, 1(1).

Irwanto, B. R., & Wuryandari, N. W. (2023). “Character Transformation In The Game Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) And Its Impact”. Bambuti, 5(2), 1-28.

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). “Studi Deskriptif Kuantitatif tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo dalam Pembelajaran Sejarah”. Jurnal artefak, 7(1).

Krishnapatria, K. (2019). “From Unsung Hero To Savage Hero: Shaping Characters Roles In The Adaption Between Literary Works and Mobile Legends: Bang Bang! Moba”. J-ELLiT (Journal of English Language, Literature, and Teaching), 3(1), 23-29.

Putra, R. W., & Muhdaliha, B. (2017). Analisis Visual Game Arena of Valor sebagai Dasar Pengembangan Konsep Visual Game”. Avant Garde, 5(2), 98-113.

Supandi, F. P., Mansoor, A. Z., & Ramadina, S. P. (2017). “Kajian Desain Karakter dalam Game Overwatch dalam Kerangka Metode Perancangan Manga Matrix”. Jurnal Wimba.

Rinaldi, R. S., & Saefudin, A. T. I. (2023). “Analisis Perubahan Desain Karakter dalam Game Seri Dreadout Pendekatan Manga Matrix”. Jurnal Seni Nasional Cikini, 9(1), 29-38..

Wardani, Winny Gunarti Widya, and Ahmad Faiz Muntazori. (2019). "Islamic Memes as Media of Da'wah for Millennials Generations: Analysis of Visual Language On Islamic Memes With Illustration Style." Cultural Syndrome 1 (1): 61-78. https://doi.org/10.30998/cs.v1i1.16.

Published
2024-06-30
How to Cite
Fatma Misky, F. M., & Ananda, D. D. (2024). Analisis Perubahan Desain Karakter Gim (Game) Mobile Legends Pendekatan Manga Matrix. Jurnal Seni Nasional Cikini, 10(1), 07 - 14. https://doi.org/10.52969/jsnc.v10i1.264