Dampak Produksi Desain Grafis Pada Penggunaan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dengan Menggunakan Grounded Theory

  • Taris Zakira Alam Universitas Bakrie
  • Jerry Haikal Universitas Bakrie
Keywords: Artificial Intelligence (AI), Pemanfaatan Teknologi AI, Produktivitas Kerja, Profesi Desain Grafis

Abstract

Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam desain grafis telah menimbulkan dampak signifikan dan beragam bagi para desainer. Salah satu manfaat para desainer grafis menggunakan Artificial Intelligence memudahkan mereka berkarya menjadi lebih efisien dan praktis. Namun, disamping hal tersebut, juga memiliki dampak-dampak negatif dan permasalahan yang perlu diperhatikan. Desainer perlu menyeimbangkan penggunaan teknologi ini dengan menjaga aspek kreatif dan orisinalitas dalam karya mereka. Ada kekhawatiran bahwa AI dapat menggantikan peran desainer untuk tugas-tugas tertentu. Namun, fakta lain menunjukkan bahwa hasil yang didapat tidak selalu berkualitas baik sehingga menurunkan nilai jasa desain dan dapat memicu plagiarisme. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mengenali dampak produksi desain grafis apabila menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang berkembang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir ini. Penelitian ini menjadi acuan bagi perusahaan agency yang di dalamnya banyak pekerja, seperti desainer grafis, pekerja digital marketing yang juga membuat desain grafis, dan regulator yang memiliki ketertarikan dalam meneliti hubungan antara kecerdasan buatan dan produktivitas kerja dalam memproduksi karya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Grounded Theory. Proses analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk memperoleh pemahaman menyeluruh tentang topik penelitian. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu: open coding, axial coding, dan selektif coding. Pada penulisan ini untuk menganalisis dampaknya, responden dipilih secara purposive sampling, dan data dikumpulkan melalui wawancara dan referensi dari berbagai sumber. Hasil penelitian ditemukan bahwa kecerdasan buatan/Artificial Intelligence (AI) mempunyai dampak yang signifikan terhadap produktivitas desainer grafis maupun produksinya. AI dapat mengotomatiskan tugas yang memakan waktu seperti mengedit foto, memilih palet warna, dan membuat tipografi, menghasilkan teks alternatif untuk gambar dan video dan masih banyak lagi kegunaannya. Hal ini memungkinkan desainer untuk fokus pada aspek yang lebih kreatif dari pekerjaan mereka. Kecerdasan buatan/Artificial Intelligence (AI) mempunyai dampak yang signifikan terhadap produktivitas desainer grafis maupun produksinya. Selain itu, ditemukan bahwa penggunaan AI selain pada produksi desain grafis dalam pembuatan karya juga memberikan kemudahan dan efisiensi, tetapi juga menimbulkan kekhawatiran terkait kualitas, risiko plagiarisme, dan penyalahgunaan. Fitur AI dan risiko internal pengguna adalah faktor utama yang memengaruhi efektivitasnya. Meskipun bermanfaat, penggunaan AI juga memunculkan tantangan yang perlu diatasi.

References

Adobe. https://www.adobe.com/id_id/products/firefly/discover/ai-for-graphic-designers.

Baihaqi, W. M., Sulistiyana, F., & Fadholi, A. (2021). Pengenalan Artificial Intelligence Untuk Siswa Dalam Menghadapi Dunia Kerja Di Era Revolusi Industri 4.0. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i1.876

Cardon, P. W., Getchell, K., Carradini, S., Fleischmann, C., & Stapp, J. (2023). Generative AI in the workplace: Employee perspectives of ChatGPT benefits and organizational policies. https://osf.io/preprints/socarxiv/b3ezy/

Chen, T., Wang, L., & Duan, S. (2020). Implementation of circuit for reconfigurable memristive chaotic neural network and its application in associative memory. Neurocomputing, 380, 36–42. https://doi.org/10.1016/j.neucom.2019.10.100

Govori, A., & Sejdija, Q. (2023). Future prospects and challenges of integrating artificial intelligence within the business practices of small and medium enterprises. Journal of Governance and Regulation, 12(2), 176–183. https://doi.org/10.22495/jgrv12i2art16

Kaplan, A., & Haenlein, M. (2019). Siri, Siri, in my hand: Who’s the fairest in the land? On the interpretations, illustrations, and implications of artificial intelligence. Business Horizons, 62(1), 15–25. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2018.08.004

Karyadi, B. (2023). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan Dalam Mendukung Pembelajaran Mandiri. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(02), Article 02. https://doi.org/10.32832/educate.v8i02.14843

Marr, B. (2019). Artificial Intelligence in Practice: How 50 Successful Companies Used AI and Machine Learning to Solve Problems. John Wiley & Sons.

Mittal, K., Jain, A., Vaisla, K. S., Castillo, O., & Kacprzyk, J. (2020). A comprehensive review on type 2 fuzzy logic applications: Past, present and future. Engineering Applications of Artificial Intelligence, 95, 103916. https://doi.org/10.1016/j.engappai.2020.103916

Morrell, B. L. M., Eukel, H. N., & Santurri, L. E. (2020). Soft skills and implications for future professional practice: Qualitative findings of a nursing education escape room. Nurse Education Today, 93, 104462. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2020.104462

Morris, M. R. (2023, August 6). Scientists’ Perspectives on the Potential for Generative AI in their Fields. Montreal AI Ethics Institute. https://montrealethics.ai/scientists-perspectives-on-the-potential-for-generative-ai-in-their-fields/

Mutawa, A. M., & Alzuwawi, M. A. (2019). Multilayered rule-based expert system for diagnosing uveitis. Artificial Intelligence in Medicine, 99, 101691. https://doi.org/10.1016/j.artmed.2019.06.007

Natasya, R. D. (2023). Implementasi Artificial Intelligence (AI) dalam Teknologi Modern. KOMTEKS, 2(1), Article 1. https://ejournal.unipas.ac.id/index.php/Komteks/article/view/1563

Rayendra, S. L., Perdana, R. W., & Yendrizal, N. M. (2022). Kecerdasan Buatan. CV. Mitra Cendekia Media. https://scholar.google.com/scholar?cluster=624491913617452173&hl=en&oi=scholarr

Restiawan, R., & Ula, D. M. (2023). Peran Teknologi Artificial Intelligence (AI) Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.6578/triwikrama.v2i2.870

Säve-Söderbergh, J. (2019). Gender gaps in salary negotiations: Salary requests and starting salaries in the field. Journal of Economic Behavior & Organization, 161, 35–51. https://doi.org/10.1016/j.jebo.2019.01.019

UKMINDONESIA. https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/10-ai-untuk-desain-grafis-semakin-efektif-dan-efisien

Wahyuningsih, S. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja. Warta Dharmawangsa, 57, Article 57. https://doi.org/10.46576/wdw.v0i57.149

Wamba-Taguimdje, S.-L., Fosso Wamba, S., Kala Kamdjoug, J. R., & Tchatchouang Wanko, C. E. (2020). Influence of artificial intelligence (AI) on firm performance: The business value of AI-based transformation projects. Business Process Management Journal, 26(7), 1893–1924. https://doi.org/10.1108/BPMJ-10-2019-0411

Xinyue, L., Luping, F., Khalid, M. N. A., & Iida, H. (2020). Finding appropriate settings for fairness and engagement in a newly designed game through self-playing AI program: A case study using Japanese crossword game 'MyoGo Renju’. Entertainment Computing, 34, 100358. https://doi.org/10.1016/j.entcom.2020.100358

Published
2024-06-30
How to Cite
Alam, T. Z., & Haikal , J. (2024). Dampak Produksi Desain Grafis Pada Penggunaan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dengan Menggunakan Grounded Theory. Jurnal Seni Nasional Cikini, 10(1), 15 - 26. https://doi.org/10.52969/jsnc.v10i1.265