Basic Visual Components (Bruce Block) dalam Film Kaїn
Indonesia
Abstract
Penataan basic visual components memiliki pengaruh besar dalam menggambarkan moods, emotions, dan ideas pada film Kaïn (2009) karya Kristof Hoornaert. Penelitian ini menunjukkan korelasi penataan basic visual compenents terhadap intensitas cerita, menggunakan metode kualitatif dengan landasan teori basic visual components oleh Bruce Block. Hasil dari penelitian ini membuktikan film Kaїn mampu mengomunikasikan moods, emotions dan ideas, melalui penataan basic visual components khususnya pada elemen line dan shape dalam menyelaraskan intensitas visual dengan intensitas dramatik pada cerita, sehingga pesan dapat tersampaikan secara optimal, walau tanpa didampingi elemen suara khusus. Penelitian ini juga memberikan kontribusi mengenai pemahaman terhadap basic visual components, dalam menyampaikan pesan menggunakan bahasa visual.
The arrangement of basic visual components has a great influence in describing moods, emotions, and ideas in the movie Kaïn (2009) by Kristof Hoornaert. This research shows the correlation of the arrangement of basic visual components to the intensity of the story, using qualitative methods based on the theory of basic visual components by Bruce Block. The result of this research proves that Kaїn is able to communicate moods, emotions and ideas, through the arrangement of basic visual components, especially in line and shape elements in harmonizing visual intensity with dramatic intensity in the story, so that the message can be conveyed optimally even without the accompaniment of special sound elements. This research also contributes to the understanding of basic visual components, in conveying messages using visual language.
References
Thompson, Roy dan Christopher Bowen. 2009. Grammar of the Shot. 2nd ed. Oxford: Elsevier.
Siyoto, Sandu dan M. Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Pratista, Himawan. 2017. Memahami Film. Yogyakarta: Montase Press.
Block, B., 2008. The Visual Story: Creating The Visual Structure of Film, TV and Digital Media. 2nd ed. Oxford: Elsevier.
Joseph V. Mascelli A.S.C. 2010. The Five‟s of Cinematography (Angle-Kontiniti-Editing-Close Up-Komposisi dalam Sinematografi), terj. H.M.Y. Biran. Jakarta: Fakultas Film dan Televisi IKJ.
Sobur, Alex. 2016. Psikologi Umum Edisi Revisi. Bandung: Pustaka Setia.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Indrajaya, Ferdinand. 2022. Kapasitas Tragedi dalam membangkitkan Bela Rasa dari Prespektif
Nussbaum. Jurnal Seni Nasional Cikini. Vol 8(1).
Rahmadani, R. P. 2020. Analisis Teknik One Shot Dalam Video Musik “ Save Me ” Bangtan Sonyeondan (BTS).
Yanaayuri, Shabira Almaas, I Putu Suhada Agung. 2022. Textur, Art & Culture Journal: Color Grading Sebagai Pembangun Mood Pada Setting Waktu Dalam Web Series Rewrite. Vol 5(1).
Alibasyah, Hafid. 2020-2021. Hubungan Susastra pada
Gambar: Studi kasus komik setangkai daun sorga karya taguan hardjo. Jurnal Seni Nasional Cikini, Vol 6(2).
Asri, Rahman. 2020. Membaca Film Sebagai Sebuah Teks: Analisis Isi Film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI)”. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, Vol. 1, No.2.
Yenny Aulia, Mutia Rahmi Pratiwi. 2020. Analisis Naratif sebagai Kajian Teks Pada Film. Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan Vol. 24 No.2 (71-83).
Bordwell, D., Thompson, K., & Smith, J. 2017. Film Art An Introduction (11th ed.). New York: Mc Graw Hill Education.
Darajat, D. M., & Badruzzaman, M. 2020. Analisis Fungsi Narasi Model Vladimir Propp dalam Film Surat dari Praha. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 10(2), 40–58.
Daftar Wawancara
Wawancara dengan Kristoff Hoornaet; Usia: 43 tahun; Alamat: Oostende, Belgia; Profesi: Sutradara. Dilaksanakan pada 09 Januari 2024, di kediaman narasumber melalui surel.
Copyright (c) 2025 Muhammad Hamdanu Syakirin -

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.