Posisi Bela Balazs dalam Teori Film Formalis

  • Mohamad Ariansah Institut Kesenian Jakarta
Keywords: Close Up, Visi Baru, Antropomorfisme, Fisiognomi

Abstract

Formalisme merupakan salah satu paradigma utama dalam sejarah pemikiran mengenai definisi dan konsep dasar tentang film. Argumen paling fundamental yang menjadi esensi pemikiran
para formalis adalah film sebagai seni. Berdasarkan premis dasar tersebut, kemudian muncul afirmasi terhadap perbedaan film dengan realitas. Namun seketat apapun argumen yang
berusaha dikonstruksikan dalam sebuah paradigma, selalu terdapat anomali dan pertentangan antara pengusung-pengusung di dalamnya satu sama lain.

Tulisan ini ingin menampilkan keunikan dari teori film Bela Balazs sebagai sebuah varian dalam tradisi formalis yang begitu mendominasi dinamika teori dan estetika sepanjang sejarah film.

How to Cite
Ariansah, M. (1). Posisi Bela Balazs dalam Teori Film Formalis. Jurnal Seni Nasional Cikini, 1(1), 27-33. https://doi.org/10.52969/jsnc.v1i1.44