Pemindahan dan Pemanfaatan Omah sebagai Ruang Komersial di Jakarta (Studi Kasus Restoran Warung Solo, Jakarta Selatan)

  • Ade Ariyani Sari Fajarwati Binus University
Keywords: Omah, Jawa, gaya hidup, komersial, jakarta, urban

Abstract

Omah adalah rumah tradisional Jawa yang didirikan dengan konsep penciptaan sesuai dengan lingkungan dan karakter hidup penghuninya. Seiring perubahan zaman, masyarakat di lingkungan budaya Jawa mulai meninggalkan Omah dengan bangunan yang lebih baru, murah dan efisien. Di saat yang bersamaan, manusia urban setiap hari hidup di dalam suasana modern yang serba cepat efektif, dan praktis, berbeda dengan kehidupan di Jawa. Beberapa manusia urban yang mempunyai keterkaitan dan ketertarikanku dengan identitas Jawa, menginginkan untuk memiliki Omah di lingkungan hidupnya sebagaimana di kota yang serba seragam. Terjadilah proses negosiasi yang mengakibatkan perpindahan Omah, dari daerah Jawa ke kota besar seperti Jakarta. Pembahasan mengenai asal muasal Omah, bagaimana proses perpindahannya ke Jakarta, bagaimana relasi antara gaya hidup, perubahan makna Omah, kepentingan modal serta kebutuhan ruang komersial yang mampu menarik pengunjung, menjadi bahasan yang penting dalam penelitian ini.

How to Cite
Sari Fajarwati, A. A. (1). Pemindahan dan Pemanfaatan Omah sebagai Ruang Komersial di Jakarta (Studi Kasus Restoran Warung Solo, Jakarta Selatan). Jurnal Seni Nasional Cikini, 2(2), 55-63. https://doi.org/10.52969/jsnc.v2i2.55