Mobilitas Sosial Dalam Film Москва Слезам Не Верит (Moskow Tidak Mengenal Sedih)

  • Ajeng Fitria Universitas Indonesia
  • Dr. Thera widyastuti, M.Hum. Universitas Indonesia
Keywords: Feminisme, Film, Mobilitas, Sosial, Soviet, Perempuan

Abstract

Film pada umumnya mempersembahkan visual dan cerita yang mewakili penggambaran dunia nyata. Penelitian ini membahas mobilitas sosial kaum perempuan Soviet yang terpotret dalam film Москва Слезам Не Верит (Moskow Tidak Mengenal Sedih) karya Vladimir Menshov. Permasalahannya adalah bagaimana kaum perempuan Soviet mengalami mobilitas sosial dan apa saja faktor di dibaliknya. Penelitian ini menggunakan dua teori: mobilitas sosial dan feminisme Marxist dan sosialis dan sebuah diskursus tentang fotografi. Untuk metode penelitiannya Penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek sosial, politik dan budaya yang muncul di tengah masyarakat Soviet berdampak dan mendorong pergeseran posisi sosial kaum perempuan Soviet.

Published
2020-12-15
How to Cite
Fitria, A., & widyastuti, T. (2020). Mobilitas Sosial Dalam Film Москва Слезам Не Верит (Moskow Tidak Mengenal Sedih). Jurnal Seni Nasional Cikini, 6(2), 7 - 21. Retrieved from https://jurnalcikini.ikj.ac.id/index.php/jurnalcikini/article/view/99