Studi Literatur: Pemanfaatan Virtual Reality sebagai Media Pembelajaran dan Uji Kompetensi untuk Industri Perfilman
Abstract
Virtual Reality adalah teknologi lingkungan 3D yang disimulasikan oleh komputer. Tidak hanya di industri gim, teknologi Virtual Reality juga banyak digunakan untuk industri film, mulai dari produksi pembuatan film hingga menjadi sebuah teater virtual. Namun, pemanfaatan Virtual Reality di industri film masih dapat dikembangkan lebih jauh hingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan uji kompetensi bagi kreator film. Dalam penelitian ini, penulis menyajikan tinjauan studi literatur yang memanfaatkan penggunaan Virtual Reality sebagai media pembelajaran dan uji kompetensi. Dimana pemanfaatan Virtual Reality sebagai media pembelajaran memberikan pengaruh positif dalam proses pembelajaran, seperti meningkatkan efektifitas dalam proses pembelajaran, meningkatkan antusiasme siswa dalam belajar, serta meningkatkan minat peserta didik dalam proses belajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui potensi pemanfaatan dan keuntungan virtual reality sebagai media pembelajaran dan uji kompetensi bagi kreator film. Diharapkan dengan penelitian ini mampu meningkatkan penelitian dan pengembangan lainya mengenai penggunaan Virtual Reality sebagai media pembelajaran dan uji kompetensi bagi kreator film.
References
Abdillah, F., Riyana, C., & Alinawati, M. (2018). “Pengaruh Penggunaan Media Virtual Reality Terhadap Kemampuan Analisis Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama”. In Edutcehnologia (Vol. 2, Issue 1).
Ariatama, S., Mona Adha, M., Tosy Hartino, A., & Prawisudawati Ulpa, E. (2021). “Penggunaan Teknologi Virtual Reality (Vr) Sebagai Upaya Eskalasi Minat Dan Optimalisasi Dalam Proses Pembelajaran Secara Online Di Masa Pandemi”. http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/32006
Fokides, E., & Kefallinou, M. (2020). “Examining the impact of spherical videos in teaching endangered species/environmental education to primary school students”. Journal of Information Technology Education: Research, 19, 427–450. https://doi.org/10.28945/4612
Giannotti, D., Patrizi, G., Casella, G., di Rocco, G., Marchetti, M., Frezzotti, F., Bernieri, M. G., Vestri, A. R., & Redler, A. (2014). “Can virtual reality simulators be a certification tool for bariatric surgeons?” Surgical Endoscopy, 28(1), 242–248. https://doi.org/10.1007/s00464-013-3179-x
Gödde, M., Gabler, F., Siegmund, D., & Braun, A. (2018). “Cinematic Narration in VR – Rethinking Film Conventions for 360 Degrees”. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 10910 LNCS, 184–201. https://doi.org/10.1007/978-3-319-91584-5_15
Kurniadi, Y., Liliana, & Radion Purba, K. (2016). “Pembuatan Aplikasi Simulasi Ujian Praktik Pengambilan Surat Izin Mengemudi Kendaraan Roda Empat”. Jurnal Infra (Vol. 4 No. 2), 110-115 https://publication.petra.ac.id/index.php/teknik-informatika/article/view/4514/4138
Kurniawati, A., Abdullah, F. F., Agustiono, W., Warninda, S. S., & Kusumaningsih, A. (2020). “Introduction Virtual Reality for Learning Media in Schools in Indonesia”. Journal of Physics: Conference Series, 1569(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1569/2/022065
Kusuma, G. T. A., Wirawan, I. M. A., & Arthana, I. K. R. (2018). “Virtual reality for learning fish types in kindergarten”. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 12(8), 41–51. https://doi.org/10.3991/ijim.v12i8.9246
Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). “Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi”. In EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains (Vol. 3, Issue 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Monita, F. A., & Ikhsan, J. (2020). “Development Virtual Reality IPA (VR-IPA) learning media for science learning”. Journal of Physics: Conference Series, 1440(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012103
Muslih. (2020). “Aplikasi Mengenal Candi Pada Pelajaran Sejarah Untuk Sekolah Dasar Kelas IV dengan Virtual Reality”. Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia (Vol 6, No 02). http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/andharupa/article/download/3941/2019
Mustaqim, I., Pd, S. T., & Kurniawan, N. (2017). “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality”. http://journal.uny.ac.id/index.php/jee/
Sapriyah. (2019). “Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar”. 2(1), 470–477.
Sholihin, M., Sari, R. C., Yuniarti, N., & Ilyana, S. (2020). “A new way of teaching business ethics: The evaluation of virtual reality-based learning media”. International Journal of Management Education, 18(3). https://doi.org/10.1016/j.ijme.2020.100428
Badan Nasional Sertifikasi Profesi. (2008). Pelaksanaan Uji Kompetensi Oleh Panitia Teknis BNSP. Jakarta: Badan Nasional Sertifikasi Profesi.
Badan Perfilman Indonesia. (n.d.). Sertifikasi Kompetensi. Retrieved October 22, 2021, from https://www.bpi.or.id/doc/60975Presentasi%20Sertifikasi%20Kompetensi.pdf
CineVR. (2021). CineVR. (CineVR) Retrieved October 20, 2021, from https://cinevr.io/en
Freina, L., & Ott, M. (2015). A Literature Review on Immersive Virtual Reality in Education: State of The Art and Perspectives. eLearning and Software for Education (eLSE). Bucharest.
Sanaky, H. A. (2013). Media pembelajaran interaktif-inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Universitas Padjajaran. (2017). Pedoman Penyelenggaraan Akademik Fakultas Ilmu Komunikasi Program Studi Televisi dan FIlm Tahun Ajaran 2017-2018. Sumedang: Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjajaran.
Virtual Film School, Inc. (2021). Virtual Film School. (Virtual Film School, Inc.) Retrieved October 20, 2021, from https://virtualfilmschool.org/
VR Owl. (2021). How the movie industry uses virtual reality. (VR Owl) Retrieved October 20, 2021, from https://vr-sync.com/de/how-the-movie-industry-uses-virtual-reality/
Mardalis. (1999). Metode Penelitian : Suatu pendekatan proposal / Mardalis. Jakarta :: Bumi aksara
Copyright (c) 2022 Dian Hendrayana, Nisfia Aulia Rahmah , Ahmad Zaeni , Agni Ariatama, Suzen HR Lumban Tobing, Dewi Maghfiroh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.