Pengembangan Video Edukasi Lingkungan Bersih di Pasar Teluk Gong Jakarta Utara
Abstract
Pasar Teluk Gong berada di daerah Jakarta Utara, sampah selalu ditemukan sepanjang jalan pasar Teluk Gong yang mengakibatkan aktivitas masyarakat terganggu, pemandangan yang kurang nyaman dan dapat menyebabkan penyakit. Namun, masyarakat di sana merasa hal ini adalah hal yang wajar dan biasa. Melihat hal ini penulis merasa perlu membuatkan sebuah video edukasi akan pentingnya lingkungan bersih di Pasar Teluk Gong. Penelitian ini berupa video edukasi yang akan menerapkan prinsip-prinsip desain visual dengan teknik shooting video. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, mengumpulkan data-data mengenai kondisi dan keadaan pasar. Berdasarkan hasil yang didapatkan oleh penulis, ditemukan bahwa masih banyak masyarakat yang masih malas untuk membuang sampah pada tempatnya disebabkan oleh anak muda yang kurang memiliki edukasi akan kebersihan. Video edukasi menggunakan perancangan bergaya Vlog ini dibuat secara efektif agar dapat mengedukasi masyarakat seperti anak muda dan dewasa awal untuk lebih sadar akan kebersihan lingkungan khususnya di pasar Teluk Gong.
References
Andersson, B. (2015). The DSLR filmmaker’s handbook: Real-world production techniques.
Abdul Razaq, & Ispantoro. (2011). The Magic of Movie Editing - Google Buku. Kota Yogyakarta.https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=PLDA0JQKG-cC&oi=fnd&pg=PR3&dq=Ispantoro,+2011&ots=rX6y3a8und&sig=
Amin, M. S. (2018). “Perbedaan Struktur Otak dan Perilaku Belajar Antara Pria dan Wanita; Eksplanasi dalam Sudut Pandang Neurosains dan Filsafat”. Jurnal Filsafat Indonesia, 1(1).
Azhar Arsyad. (2011). View article. Media Pembelajaran. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user
Budhi Firmansyah Surapati. (2015). 250 Ton Sampah Diangkut dari Waduk Teluk Gong. https://m.beritajakarta.id/read/8256/250-ton-sampah-diangkut-dari-waduk-teluk-gong
Candra, F. A. (2014). PENGELOLAAN SAMPAH PASAR TRADISIONAL DAN PARTISIPASI PEDAGANG PASAR DENGAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN PASAR (Studi di Kecamatan Sumbersari, Kaliwates, dan Patrang Kabupaten Jember). Universitas Jember. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Kelana, R. I., Rahmanelli, & Syahar, F. (2018). Jurnal buana. Buana, 3(3), 451–465.
Kurniawan, Frendy. (2019). “Konten Paling Populer di YouTube Indonesia: Vlog Keluarga”. Tirto.Id. https://tirto.id/konten-paling-populer-di-youtube-indonesia-vlog-keluarga-edwU
Herawati. (2020). (PDF) Analisis Lingkungan Kotor Menjadi Tempat Berkumpulnya banyak Penyakit. https://www.researchgate.net/publication/341686134
Linando, S. I., & Prasetyo, M. E. (2022). Komposisi Visual dan Tata Cahaya pada Film Netflix Berjudul Squid Game. 06(01), 20–32.
Martinus Eko Prasetyo, Zevri, S. E. (2022). PERANCANGAN VIDEO KLIP PROFIL KOMUNITAS K-POP DANCE INVASION DC JAKARTA. 18(2), 151–162.
Mangunhardjono, A. M Margija . (1976). Mengenal film / oleh A. Margija Mangunhardjana | OPAC Perpustakaan Nasional RI. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=57545
Muhammad Munif, Fathor Rozi, & Umi Kulsum. (2022). View of Design Video Vlog dalam Menumbuhkembangkan Karakter Anak Usia Dini. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/manazhim/article/view/1619/1149
Putra, R. W. (2020). Pengantar Desain Komunikasi Visual dalam Penerapan - Ricky W. Putra - Google Books. https://books.google.co.id/bookshl
Pratiwi, I., Muslimah, E., & Wahab Aqil, D. A. (2012). Jurnal Ilmiah Teknik Industri. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 11(2).
Rapotan Hasibuan, Dhia Nabila K Siregar, & Riska Nur Fajriani. (2022). PENGETAHUAN, SIKAP, PARTISIPASI SOSIALISASI, DAN SARANA BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU REMAJA BUANG SAMPAH SEMBARANGAN.
Sampoerna University. (2022). Pengertian Skala Likert, Cara Penggunaan dan Contoh - Sampoerna. https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/pengertian-skala-likert
WEBPAGE /KONTEN ONLINE
Heinich. (1985). Media Pembelajaran. Media Pembelajaran. https://webmediapembelajaran.wordpress.com/2016/12/30/heinich/
Copyright (c) 2022 Martinus Eko Prasetyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.