Tubuh dalam Karya “Merentang Kinestetika Tubuh”

  • Hany Sulistia Ningrum Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung
  • F.X. Widaryanto Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung
  • Mohamad Rudiana Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung
Keywords: Body contact, following, mirroring, pedagogi

Abstract

Tulang belakang dalam anatomi manusia, memiliki fungsi penting. Cedera tulang belakang dapat berakibat fatal bagi keseimbangan tubuh, bahkan dapat merusak bagian tubuh lainnya. Tulang belakang dan cedera tulang belakang merupakan cerminan dari kehidupan sosial kita, dimana dalam konteks sosial dapat dianalogikan dengan konsep body contact, mirroring, dan following. Abstraksi ini merepresentasikan tulang belakang sebagai salah satu gerak tubuh yang memiliki fungsi vital dalam kehidupan manusia. Karena perannya yang vital, pesan ini penting untuk disampaikan kepada apresiator sebagai pendidik, sehingga sebuah karya memiliki nilai pedagogis. Melalui metodologi Foucault dan Hawkins, ide karya ini kemudian dikembangkan pada pertunjukan panggung. Seluruh perjalanan karya ini, mulai dari proses kreatif hingga menjadi sebuah karya utuh, dihadirkan sebagai ajang pedagogis dalam membangun kesadaran jasmani, baik bagi seniman di atas panggung maupun bagi apresiator di masyarakat.

Author Biography

Hany Sulistia Ningrum, Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung

Hany Sulistia Ningrum atau dikenal dengan nama panggungnya Hany Bia Mexses lahir di kota Bandung pada tanggal 19 Mei 1990. Hany yang memiliki darah Jawa dan Sunda lahir dikeluarga seniman Jawa yang hidup ditanah Sunda yang akhirnya menyelesaikan pendidikan seninya di Insitut Seni Budaya Indonesia Bandung tahun 2022, sekarang sedang melanjutkan pendidikan non formal di Inspyro Moves. Selain sebagai koreografer kontemporer dan pengajar Hany juga mengelola Yayasan Hapsari Citra Indonesia yang dipimpin oleh Prof. Endang Caturwati.

References

Foucault, Michel. (2016). Disiplin Tubuh: Bengkel Individu Modern. Saduran : Petrus Sunu Hardiyanto. Yogyakarta: LkiS.

Hadi, Y. Sumandiyo. (2012). Koreografi: Bentuk - Teknik – Isi. Yogyakarta: Cipta Media.

Hawkins, Alma M (2003) Mencipta Lewat Tari. Terjemahan Y. Sumandiyo Hadi. Yogyakarta: Manthili.

Martono, Nanang. (2014). Sosiologi Pendidikan Michel Foucault. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Munandar, Utami (1999). Kreativitas dan Keberbakatan: Strategi mewujudkan Potensi kreatif dan bakat, Jakarta;gramedia pustaka utama.

(2009). Pengembangan Kreativitas anak berbakat, Jakarta; Rineka Cipta.

Murgiyanto M.A, Sal (1983). Koreografi: Pengetahuan Dasar Komposisi Tari. Indonesia: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Puspita, Dyah Gayatri. (2015) Lakon Tubuh: Kaosmosis Perjalanan Jiwa Setiawan Sabana dalam Katalog Tubuh Chaosmos Perjalanan Jiwa: Pemeran Tunggal Setiawan Sabana. Hal 88-91.

Redana,Bree (2016) Memo Tentang Politik Tubuh: Guru Besar Persatuan Gerak Badan Bangau Putih Gunawan Rahardja. Jakarta: Kompas.

Rosdahl, C, B., & Kowalski, M, I. (2015). Textbook of basic nursing. Philadelphia: Wolters Kluwer.

Smith, Jacqueline. (1985) Komposisi Tari: Sebuah Petunjuk Praktis Bagi Guru. Terjemahan Ben Suharto. S.ST. Yogyakarta: IKALASTI.

Supriyanto, Eko (2018) Ikat Kait Impulsif Sarira: Gagasan yang Mewujud 1990-2010. Yogyakarta: Garudhawacana.

Suyono, Seno Joko. (2002). Tubuh yang Rasis: Analisis Kritis Michel Foucault Atas Dasar Pembentukan Diri Kelas Menengah Eropa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Jurnal:

Erry, Succi Nur Adha (2016) Kejadian Nyeri Punggung Bagian Bawah (Low Back Pain) pada Pekerja di Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) Bogor Tahun 2016 dalam Jurnal Ilmu Kesehatan, 8(1), Januari. Hal 79 – 85.

Hardiansyah A (2012) Seni Disiplin Tubuh Dalam Perspektif Michel Foucault dalam Jurnal Subtansia Vol 14 No 1 hal 63–72.

Hartati. (2005). Keniscayaan Olah Tubuh Secara Anatomis untuk Menari dalam Garak Jo Garik: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Seni hal 67–81.

Sahara, Ricca & Y.R. Pristya, Terry. (2020) Faktor Resiko yang Berhubungan dengan Kejadian Low Back Pain (LBP) pada Pekerja: Literature Review dalam Jurnal Ilmiah Kesehatan. Vol 19 No 3 hal 91 - 99.

Saputra, Andi Taslim. Mutana, I Nyoman (2019) Peristiwa Teater Tu(m)buh Sebagai Konstruksi Politik Tubuh. dalam Jurnal Panggung Vol 29 No 2, Juni. Hal 102-114.

Susanti, Dewi (2015) Penerapan Metode Penciptaan Alma Hawkins dalam Karya Tari Gundah Kancah dalam Jurnal Ekspresi Seni,Vol 17 No 1, Juni. Hal 41-56.

Internet:

Kesuma, Dharma. 2010. “Pedagogi-Pedagogi”. Dikutip dari: https://adoc.pub/queue/pedagogi-pedagogik-penulis-dharma-kesuma-kelompok-diskusi-ta.html (11/4/2022)

Published
2022-12-31
How to Cite
Sulistia Ningrum, H., F.X. Widaryanto, & Mohamad Rudiana. (2022). Tubuh dalam Karya “Merentang Kinestetika Tubuh”. Jurnal Seni Nasional Cikini, 8(2), 93-102. https://doi.org/10.52969/jsnc.v8i2.183