Pembelajaran Teknologi Musik sebagai Modal Kreatif untuk Terjun ke Dunia Industri Musik
Abstract
Edukasi dalam bidang seni harus mampu berkembang dan beradaptasi sesuai dengan perkembangan zaman. Artikel ini membahas tentang strategi dan metode pembelajaran teknologi musik di Program Studi Seni Musik Institut Kesenian Jakarta. Penulis akan memaparkan bagaimana strategi, metode, dan tujuan pembelajaran yang ada di salah satu Capaian Pembelajaran pada Program Studi Seni Musik di Institut Kesenian Jakarta. Tulisan ini bertujuan memperkenalkan dan membantu pembaca untuk mengetahui dan memahami salah satu pembekalan kreatif yang dilakukan oleh Program Studi Musik agar lulusannya mampu terserap pada bidang kerja dan industri sesuai dengan tuntutan khususnya pada bidang Seni Musik di era digital ini.
References
Hepworth, S., & Hodgson, J. (2018). Audio Mastering: The Artists. New York: Routledge.
Hodgson, J. (2010). Understanding Records: A Field Guide to Recording Practice. 1st ed. New York: Routledge
Huber, D. M. (1991). The MIDI Manual. Carmel, Indiana: SAMS.
London, K. (1970). Film Music (The Literature of Cinema Series). New York: Arno Press.
Majid, A. (2005). Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Phetorant, D. (2020). Peran Musik Dalam Musik Score. Journal of Music Science, Technology, and Industry.
Purwacandra, P. P. (2016). Home Recording dengan Adobe Audition. Yogyakarta: ANDI.
Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Prose Pendidikan). Jakarta: Kencana.
Shelvock, M. (2012). “Audio Mastering as Musical Practice”. Electronic Thesis And Dissertation Repository.
Siswoyo, D. (2008). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Swift, A. (1997). A Brief Introduction to MIDI. SURPRISE, Imperial College of Science Technology and Medicine.
Taylor, Decker, B., & Simon. (2020). Template and Mastering “the ultimate guide to achieving a professional sound. New York: The Crowood Press Ltd.
Untuh, H. (1987). Proses Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Copyright (c) 2022 Pri Ario Damar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.