Visualisasi Karakteristik Topeng Tunggal Melalui Penciptaan Film Tari Berbasis Topeng Gegot Betawi Berjudul Nindak Jirumklan

  • B Kristiono Soewardjo Universitas Negri Jakarta
  • Didin Supriadi Universitas Negri Jakarta
  • Rizki Taufik Rakhman Universitas Negri Jakarta
  • Eko Hadi Prayitno Universitas Negri Jakarta
Keywords: film tari, gegot, karakteristik, topeng tunggal

Abstract

Tujuannya untuk menciptakan karya tari yang berbentuk film tari dengan merekonstruksi tradisi Betawi berupa tari Topeng Gegot agar budaya Betawi tidak punah dan tetap berkembang di masyarakat dan mengingatkan kita akan sejarah kota Jakarta. Metode kualitatif yang digunakan dengan pendekatan penelitian seni melalui beberapa tahapan, yaitu (1) Menetapkan Fokus Kajian, (2) Pengumpulan Data dan Informasi, (3) Metode Observasi, (4) Teknik Pengumpulan Data Dokumen, (5) Wawancara, (6) Matriks Pengumpulan Data. Teori yang digunakan yaitu teori penciptaan Alma M Hawkins Moving from Within: A New Method for Dance Making terjemahan I Wayan Dibia Bergerak Menurut Kata Hati: Metode Baru dalam Mencipta Tari yang terdiri dari mengalami atau mengungkapkan, melihat, merasakan, menghayalkan, mengejawantahkan, dan pembentukan. Rekomendasi hasil penciptaan film tari ini dapat memberikan pengalaman dalam berimajinatif, menumbuh-kembangkan ingatan kita akan penciptaan seni, mengolah dimensi ruang melalui perkembangan teknologi serta dapat memperluas keilmuan koreografi.

Author Biography

B Kristiono Soewardjo, Universitas Negri Jakarta

B Kristiono Soewardjo Dilahirkan di Jakarta, telah berkecimpung di dunia seni pertunjukan lebih dari 35 tahun, baik sebagai koreografer, penari, pembicara dan narasumber baik tingkat nasional dan internasional. Pernah mengikuti beberapa festival baik Folklore Festival dan Internasional Art Festival di Asia, Eropa, Amerika dan Afrika. Sebagai Dosen Tamu di untuk Program PhD di Gyeongsang National University di Korea (2012), sebagai Dance Expert di Asian Dance Culture Committee di Gwangju Korea (2014-2022), Sebagai Pembicara di Asia Fine Arts Symposium (AFAS) (2014) di Bangkok dan sebagai Pelatih, Penari dan Tim Artitik pada I La Galigo (2000-2019) yang disutradrai oleh Robert Wilson (USA) yang dipentaskan di beberapa negara seperti Singapore, Belanda, Spanyol, Perancis. Sebagai Pencipta telah menghasilkan ± 20 Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dalam bidang penciptaan seni.

References

BUKU

Buku dengan pengarang tunggal

Castles, Lance (2007) Profil Etnik Jakarta (Jakarta: Masup)

Chaer, Abdul (2015) Betawi Tempo Doeloe: Menelusuri Sejarah Kebudayaan Betawi (Depok; Komunitas Bambu)

Howard, Pamela (2002) What Is Scenography? (New York: Routledge)

Koentjaraningrat (2015), Pengantar Ilmu Amtropologi (Jakarta: Rineka Cipta)

Kusumawijaya, Marco (2006), Kotarumahkita (Jakarta: Borneo)

Moleong, Lexy J (2008) Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset)

Niemeijer, Hendrik E (2012) Batavia Mayarakat Kolonial Abad XVII (Jakarta: Masup)

Kleden, N. I. (1987). Teater Topeng Betawi Sebagai Teks dan Maknanya Suatu Tafsiran Antropologi. Universitas Indonesia.

Rohidi, Tjetjep Rohendi (2011) Metodologi Penelitian Seni (Semarang: Cipta Prima Nusantara)

Sediyawati, Edi (2008), KeIndonesiaan Dalam Budaya, Dialog Budaya: Nasional dan Etnik Peranan Industri Budaya dan Media Massa Warisan Budaya dan Pelestarian Dinamis (Jakarta: Wrdatama Widya Sastra)

Shahab, Yasmine Zaki (2004) Identitas dan Otoritas: Rekontruksi Tradidi Betawi (Jakarta: Laboratorium Antropologi, FISIP UI)

Soewardjo, B. Kristiono. (2011) Tesis Penciptaan Seni Berjudul Kembang Antik. Sekolah Pascasarjana, Institut Kesenian Jakarta.

- Buku dengan dua pengarang

Kinney, Joslin Mc, & Philip Butterworth (2009) Scenography (Cambridge: Cambridge University Press)

Rachem, Abdul & Wiwiek Widyastuti. (1996). Petunjuk Praktis Latihan Gerak Dasar Tari Topeng Betawi. Dinas Kebudayaan DKI Jakarta

- Buku yang diedit dengan penulis atau penulis

Parani, Juliani. (2017) Bunga Rampai Seni Perunjukan Kebetawian (Jakarta: IKJ Press)

ARTIKEL JURNAL/ BOOK CHAPTER

Fahrudin. (2021). Tanah sebagai Bahan Penciptaan Manusia: Analisis Semiologi Roland Barthes pada Kata Thin dalam Al-Qur’an. Journal of Qur'anic Studies. Vol. 6, No. 1, pp. 21-36, January-June 2021.

Wiradharma, Gunawan & B Kristiono Soewardjo (2021) Empat Wajah Topeng Indonesia: Karakteristik Tradisi Pada Budaya Jakarta, Cirebon, Malang dan Bali. Jurnal Sastra Indonesia 10 (3) (2021) 198-214.

Soewardjo, B. Kristiono. (2014). Cokek Dance as a Source of Inspiration for the Creation of the Dance Theatre Titled “Kembang Antik”. P. 48-63. The Asian Journal of ASEAN Research in Arts and Design (JARAD) Vol.1 No.1 January-June 2014, ISSN 2351-0684. (Bangkok: Srinakharinwirot University)

WEBPAGE /KONTEN ONLINE

Heri. (14 Januari 2017). 13 Arti Warna dan Psikologi Warna, Terlengkap! (Merah, Ungu, Kuning, Hijau, Coklat, Biru dll) dari https://salamadian.com/arti-warna/

Stefan William. | (25 Juli 2022). Karakter Dalam Tari Topeng Cirebon (Pusaka Budaya) dari https://pusakapusaka.com/karakter-dalam-tari-topeng-cirebon.html

Zulkarnaen (01 Juli 2015). Penciptaan Manusia dari Tanah serta Potensi Kesombongannya (Sebuah Refleksi). Mahkamah Agung Republik Indonesia. Direktorat Jenderal Peradilan Agama. From https://badilag.mahkamahagung.go.id/hikmah/publikasi/hikmahbadilag/penciptan-manusia-dari-tanah-serta-potensi-kesombongannya-oleh-drs-zulkarnain-m-h-1-7

Published
2022-12-31
How to Cite
Soewardjo, B. K., Didin Supriadi, Rizki Taufik Rakhman, & Eko Hadi Prayitno. (2022). Visualisasi Karakteristik Topeng Tunggal Melalui Penciptaan Film Tari Berbasis Topeng Gegot Betawi Berjudul Nindak Jirumklan. Jurnal Seni Nasional Cikini, 8(2), 125-140. https://doi.org/10.52969/jsnc.v8i2.197