Perancangan Komik Digital dalam Meningkatklan Kesadaran terhadap Self-Love dan Social Media Positivity untuk Generasi Z
Abstract
Generasi Z dikenal sebagai generasi tanpa batas, generasi global, dan generasi teknologi. Namun saat ini generasi Z mengalami permasalahan seperti ketergantungan pada media sosial dan kurangnya kepercayaan diri hingga menyebabkan tingkat stress yang tinggi di usia muda. Tulisan ini akan berfokus pada perancangan komik digital Hello it’s Mondu di media sosial Instagram. Penelitian dilakukan dengan pengumpulan data berupa wawancara dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukan bahwa media komik digital yang ditujukan pada generasi Z untuk media hiburan dan edukasi, membutuhkan gaya ilustrasi dan desain karakter yang menarik, memberikan edukasi dengan storytelling, dan menggunakan gaya bahasa yang populer. Kesimpulan dari tulisan ini yaitu merancang komik Hello it’s Mondu dengan gaya ilustrasi dan visual karakter yang menarik, gaya bahasa yang modern dan populer, serta cerita ringan dengan tetap mempunyai impresi mendalam sebagai media edukasi self-love dan menerapkan social media positivity bagi generasi Z.
References
Adityaputra, A. & Salma (2022). Regulasi Diri Dan Kecanduan Dalam Penggunaan Media Sosial Pada Mahasiswa Generasi Z Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Jurnal Empati. 11. 386-393. 10.14710/ Empati.0.36827.
Austine, C. (2022) Apa Yang Disukai Gen Z Indonesia Di Media Sosial? Kompas.Com. Https://Lifestyle.Kompas. Com/Read/2022/12/07/144259320/Apa-Yang- Disukai-Gen-Z-Indonesia-Di-Media-Sosial?Utm_ source=Various&Utm_medium=Referral&Utm_ campaign=Top_desktop
Beiman, N. (2017). Prepare To Board! Creating Story And Characters For Animated Features And Shorts (3rd Ed.). Crc Press. Https://Doi. Org/10.1201/9781315156248
Gambar 10.
Hasil konten promosi : Mondulogy
Sumber:
dokumentasi karya peneliti
Bestari, N.P. (2022) Bukan Tiktok Dan Instagram, Ini Media Sosial Favorit Gen Z. Cnbc Indonesia.Https://Www. Cnbcindonesia.Com/Tech/20220812094708-37- 363204/Bukan-Tiktok-Dan-Instagram-Ini-Media- Sosial-Favorit-Gen-Z
Deligoz, K. & Ünal, S. (2021). The Effect Of Anthropomorphic Mascot On The Purchasing Intention Of Consumers: An Experimental Study . Sosyoekonomi , 29 (50) , 229-254 . Doi: 10.17233/Sosyoekonomi.2021.04.11
Hastini, L., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi Dapat Meningkatkan Literasi Manusia Pada Generasi Z Di Indonesia?. Jurnal Manajemen Informatika (Jamika), 10(1), 12-28. Https://Doi.Org/10.34010/Jamika. V10i1.2678
Idris, M. (2021). Generasi Z Dan Milenial Dominasi Jumlah Penduduk Indonesia. Kompas.Com. Https://Money. Kompas.Com/Read/2021/01/22/145001126/ Generasi-Z-Dan-Milenial-Dominasi-Jumlah- Penduduk-Indonesia
Almirana, A. A., & Megawati, S. (2022). The Role Of Digital Comics About Rani’s Introverted Personality Through The Story Of Rani’s Main Character. Jurnal Vicidi, 12(1), 68–90. Https://Doi.Org/10.37715/ Vicidi.V12i1.2938
Kokkinaki, K. (2023). The Soft Toys As A Consolation Play Object In School After The Covid Period. The “Teddy Bear Project” In Primary Art Classroom. European Journal Of Education Studies. Doi: 10.46827/Ejes. V10i4.4786
Kurt, S., & Osueke, K. K. (2014). The Effects Of Color On The Moods Of College Students. Sage Open, 4(1). Https://Doi.Org/10.1177/2158244014525423
Kringelbach, M. L., Stark, E. A., Dkk (2016). On Cuteness: Unlocking The Parental Brain And Beyond. Trends In Cognitive Sciences, 20 (7), 545–558. Https://Doi. Org/10.1016/J.Tics.2016.05.003
Mccloud, S. (2022b). Understanding Comics - Memahami Komik. Kepustakaan Populer Gramedia.
Nicolay, J. & Wardaya, M. (2021). Mencari Model Desain Karakter Dan Visualisasi Penokohan Disc Team Dalam Pembuatan Komik. Jurnal Vicidi. 11. 22-40. 10.37715/Vicidi.V11i1.1985.
Pujiono, Andrias. (2021). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z. Didache: Journal Of Christian Education. 2. 1. 10.46445/Djce.V2i1.396.
Putra, G.L.K., & Yasa, G.P.P.A. (2019). Komik Sebagai Sarana Komunikasi Promosi Dalam Media Sosial. Jurnal Nawala Visual, 1(1), 1-8. Https://Doi. Org/10.35886/Nawalavisual.V1i1.1
Schroll, R., Schnurr, B., & Grewal, D. (2018). Humanizing Products With Handwritten Typefaces. Journal Of Consumer Research, 45, 648-672.
Sutanto, S. M., & Wardaya, M. (2021). The Paradigm Shift Of Comic As Storytelling Media. Vcd (Journal Of Visual Communication Design), 5(1), 57–70. Https://Doi. Org/10.37715/Vcd.V5i1.2685
Thomas, F. , Johnston, O. (1981). The Illusion Of Life : Disney Animation.
Yadav, G., & Rai, J. (2017). The Generation Z And Their Social Media Usage: A Review And A Research Outline. Global Journal Of Enterprise Information System. 9. 110. 10.18311/Gjeis/2017/15748.
Z.Madura, Beata & Nowacki, Robert. (2018). Storytelling And Its Impact On Effectiveness Of Advertising.
Copyright (c) 2023 jade victoria, Shienny Megawati Sutanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.