Perancangan Komik Digital dalam Meningkatklan Kesadaran terhadap Self-Love dan Social Media Positivity untuk Generasi Z

  • jade victoria Universitas Ciputra
  • Shienny Megawati Sutanto Desain Komunikasi Visual, Fakultas Industri Kreatif, Universitas Ciputra Surabaya
Keywords: Komik, Character Design, Storytelling, Generasi Z, Media Sosial

Abstract

Generasi Z dikenal sebagai generasi tanpa batas, generasi global, dan generasi teknologi. Namun saat ini generasi Z mengalami permasalahan seperti ketergantungan pada media sosial dan kurangnya kepercayaan diri hingga menyebabkan tingkat stress yang tinggi di usia muda. Tulisan ini akan berfokus pada perancangan komik digital Hello it’s Mondu di media sosial Instagram. Penelitian dilakukan dengan pengumpulan data berupa wawancara dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukan bahwa media komik digital yang ditujukan pada generasi Z untuk media hiburan dan edukasi, membutuhkan gaya ilustrasi dan desain karakter yang menarik, memberikan edukasi dengan storytelling, dan menggunakan gaya bahasa yang populer. Kesimpulan dari tulisan ini yaitu merancang komik Hello it’s Mondu dengan gaya ilustrasi dan visual karakter yang menarik, gaya bahasa yang modern dan populer, serta cerita ringan dengan tetap mempunyai impresi mendalam sebagai media edukasi self-love dan menerapkan social media positivity bagi generasi Z.

References

Adityaputra, A. & Salma (2022). Regulasi Diri Dan Kecanduan Dalam Penggunaan Media Sosial Pada Mahasiswa Generasi Z Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Jurnal Empati. 11. 386-393. 10.14710/ Empati.0.36827.

Austine, C. (2022) Apa Yang Disukai Gen Z Indonesia Di Media Sosial? Kompas.Com. Https://Lifestyle.Kompas. Com/Read/2022/12/07/144259320/Apa-Yang- Disukai-Gen-Z-Indonesia-Di-Media-Sosial?Utm_ source=Various&Utm_medium=Referral&Utm_ campaign=Top_desktop

Beiman, N. (2017). Prepare To Board! Creating Story And Characters For Animated Features And Shorts (3rd Ed.). Crc Press. Https://Doi. Org/10.1201/9781315156248

Gambar 10.

Hasil konten promosi : Mondulogy

Sumber:

dokumentasi karya peneliti

Bestari, N.P. (2022) Bukan Tiktok Dan Instagram, Ini Media Sosial Favorit Gen Z. Cnbc Indonesia.Https://Www. Cnbcindonesia.Com/Tech/20220812094708-37- 363204/Bukan-Tiktok-Dan-Instagram-Ini-Media- Sosial-Favorit-Gen-Z

Deligoz, K. & Ünal, S. (2021). The Effect Of Anthropomorphic Mascot On The Purchasing Intention Of Consumers: An Experimental Study . Sosyoekonomi , 29 (50) , 229-254 . Doi: 10.17233/Sosyoekonomi.2021.04.11

Hastini, L., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi Dapat Meningkatkan Literasi Manusia Pada Generasi Z Di Indonesia?. Jurnal Manajemen Informatika (Jamika), 10(1), 12-28. Https://Doi.Org/10.34010/Jamika. V10i1.2678

Idris, M. (2021). Generasi Z Dan Milenial Dominasi Jumlah Penduduk Indonesia. Kompas.Com. Https://Money. Kompas.Com/Read/2021/01/22/145001126/ Generasi-Z-Dan-Milenial-Dominasi-Jumlah- Penduduk-Indonesia

Almirana, A. A., & Megawati, S. (2022). The Role Of Digital Comics About Rani’s Introverted Personality Through The Story Of Rani’s Main Character. Jurnal Vicidi, 12(1), 68–90. Https://Doi.Org/10.37715/ Vicidi.V12i1.2938

Kokkinaki, K. (2023). The Soft Toys As A Consolation Play Object In School After The Covid Period. The “Teddy Bear Project” In Primary Art Classroom. European Journal Of Education Studies. Doi: 10.46827/Ejes. V10i4.4786

Kurt, S., & Osueke, K. K. (2014). The Effects Of Color On The Moods Of College Students. Sage Open, 4(1). Https://Doi.Org/10.1177/2158244014525423

Kringelbach, M. L., Stark, E. A., Dkk (2016). On Cuteness: Unlocking The Parental Brain And Beyond. Trends In Cognitive Sciences, 20 (7), 545–558. Https://Doi. Org/10.1016/J.Tics.2016.05.003

Mccloud, S. (2022b). Understanding Comics - Memahami Komik. Kepustakaan Populer Gramedia.

Nicolay, J. & Wardaya, M. (2021). Mencari Model Desain Karakter Dan Visualisasi Penokohan Disc Team Dalam Pembuatan Komik. Jurnal Vicidi. 11. 22-40. 10.37715/Vicidi.V11i1.1985.

Pujiono, Andrias. (2021). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z. Didache: Journal Of Christian Education. 2. 1. 10.46445/Djce.V2i1.396.

Putra, G.L.K., & Yasa, G.P.P.A. (2019). Komik Sebagai Sarana Komunikasi Promosi Dalam Media Sosial. Jurnal Nawala Visual, 1(1), 1-8. Https://Doi. Org/10.35886/Nawalavisual.V1i1.1

Schroll, R., Schnurr, B., & Grewal, D. (2018). Humanizing Products With Handwritten Typefaces. Journal Of Consumer Research, 45, 648-672.

Sutanto, S. M., & Wardaya, M. (2021). The Paradigm Shift Of Comic As Storytelling Media. Vcd (Journal Of Visual Communication Design), 5(1), 57–70. Https://Doi. Org/10.37715/Vcd.V5i1.2685

Thomas, F. , Johnston, O. (1981). The Illusion Of Life : Disney Animation.

Yadav, G., & Rai, J. (2017). The Generation Z And Their Social Media Usage: A Review And A Research Outline. Global Journal Of Enterprise Information System. 9. 110. 10.18311/Gjeis/2017/15748.

Z.Madura, Beata & Nowacki, Robert. (2018). Storytelling And Its Impact On Effectiveness Of Advertising.

Published
2023-06-30
How to Cite
victoria, jade, & Sutanto, S. M. (2023). Perancangan Komik Digital dalam Meningkatklan Kesadaran terhadap Self-Love dan Social Media Positivity untuk Generasi Z. Jurnal Seni Nasional Cikini, 9(1), 45 - 54. https://doi.org/10.52969/jsnc.v9i1.225